Bambu Kuning

Nama Lokal : Bambu Kuning
Nama LatinBambusa sp
Deskripsi :
Bambu kuning (Bambusa vulgaris var. striata) adalah salah satu jenis bambu peliharaan / budidaya. Bambu jenis ini memiliki ciri batang yang beruas-ruas, tinggi, dan batangnya berwarna kuning.Biasanya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis.Di kawasan Asia Tenggara, bambu jenis ini banyak dibudidayakan.Ia sering dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman hiasan di perkotaan.

Bambu kuning dapat diperbanyak dengan cara stek (rhizoma, rumpun, atau cabang), cangkok, dan kultur jaringan.Namun, cara termudah dan sering dilakukan adalah stek rumpun atau cabang.Umumnya, rumpun yang akan distek adalah rumpun yang tidak terlalu muda atau tidak terlalu tua.Rebusan pada bambu ini mengandung saponin dan flavonoida.Tidak hanya itu, bambu kuning ini mengandung sumber potassium yang rendah kalori, serta memiliki rasa manis yang terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik bagi tubuh.Bambu ini memiliki khasiat mengobati bermacam jenis infeksi dan pencegah hepatitis.

Bambu kuning mini termasuk jenis bambu hias (ornamental bamboo) dengan cabang atau ruas batang berwarna kuning, ukuran batang kecil atau ramping, tidak besar, dan tumbuhnya tidak besar. Bambu kuning mini bagus dijadikan ornamen taman sebagai tanaman pembatas atau border, bisa juga untuk edging atau background (jika ingin background bagusnya ditanam banyak batang atau berkelompok agar indah merumpun).
Selain itu bambu kuning mini juga dapat Anda tempatkan di dalam ruangan, taruh di dekat jendela agar mendapat sinar matahari tidak langsung, kebutuhan cahaya bambu mini adalah teduh sampai sepanjang hari (full sun).
Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal: dataran rendah – tinggi, suhu panas maupun dingin
Kebutuhan sinar matahari: partial shade (di bawah naungan / teduh) s/d full sun
Jika ditanam di pot, rekomendasi ukuran pot: diameter 20-30 cm
Media tanam yang digunakan: tanah humus atau tanah kompos
Intensitas penyiraman: satu kali dalam sehari
Ilustrasi ukuran tanaman saat dikirim ke Anda: 40-60 cm
Ilustrasi tinggi tanaman ketika tumbuh besar: tinggi 100 – 200 cm
Tips pemberian pupuk (pemupukan): dilakukan kira-kira 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK Daun
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »